Saturday 14 November 2015

Asus ROG GL501JW Sanggup Lahap Game Berat?

Saturday, November 14, 2015

ASUS ROG GL501JW SANGGUP LAHAP GAME BERAT?

MasGaptekz - Asus menyediakan laptop di kelas gaming melalui ROG G501JW. Laptop ini tampil dengan balutan warna hitam dengan bagian cover yang menampilkan lambang khas Republic of Gamers (ROG).
Untuk kelas gaming, laptop ini tampak serupa dengan laptop pada umumnya, yakni mengusung layar 15,6 inci tetapi dilengkapi dengan hardware yang mumpuni. Keluarga Republic of Gamers memang dikenal tersegmentasi untuk kalangan gamer, dan Asus percaya diri mengusung laptop gaming mereka dengan dukungan prosesor Intel Core i7 serta GeForce GTX 960M.
Desain
Dari sisi desain, laptop dengan layar 15,6 inci ini tampak menggunakan material alumunium. Perusahaan mengusung perangkat tersebut dengan desain konvensional, yang tidak menunjukkan bahwa laptop itu sebetulnya merupakan laptop gaming.
Namun, pengguna tentu menyadari bila menemukan lambang ROG, boleh jadi laptop tersebut tidak dibanderol dengan harga murah. Untuk tipe ROG G501JW, laptop ini dibanderol sekira Rp23 jutaan.
Bagian cover ROG G501JW dengan material alumunium, terasa sedikit licin walau tetap kokoh dan elegan. Pada bagian sisi layar, laptop gaming tersebut menampilkan bezel yang cukup tebal.
Untuk bagian dalam, pengguna bisa melihat susunan keyboard lengkap dengan bagian numeric. Pada bagian tepian tombol keyboard, terdapat cahaya backlit yang membantu gamer menemukan tombol yang hendak ditekan saat bermain game di ruangan gelap.
Fitur
Asus menyediakan beberapa port kelengkapan yang disematkan pada ROG G501JW, antara lain port HDMI dan tiga USB 3.0 di sisi laptop, pembaca kartu SD serta jack audio 3.5mm.
Walau laptop ini sudah mendukung Windows 10, sayang perangkat tersebut belum didukung dengan layar sentuh. Untuk fitur webcam, Acer menghadirkan kamera HD dengan resolusi 1.280 x 720 p.
Performa
Asus ROG G501JW dilengkapi dengan Intel Core i7-4720HQ CPU, GeForce GTX 960M, serta RAM 16GB. Spesifikasi yang cukup gahar untuk kelas gaming, yang membuatnya dapat melahap berbagai macam game 3D dengan mulus.
Game yang cukup memerlukan hardware high-end seperti Call of Duty: Advanced Warfare sanggup dijalankan dengan mulus. Tidak begitu terlihat perbedaan dari pengaturan grafis high atau low, permainan tetap dapat berjalan dengan lancar.
Menggunakan aplikasi Fraps, pengguna bisa melihat berapa tampilan angka frame per second (FPS) saat menjalankan game 3D. Untuk pengaturan grafis high, laptop ini dapat menyuguhkan tampilan FPS di atas 30 atau bisa diartikan lancar untuk mendukung permainan 3D tanpa lag.
Saat diuji dengan menggunakan beberapa benchmark, ROG G501JW menunjukkan skor yang lumayan tinggi. Pada benchmark 3DMark Vantage, laptop ini menampilkan skor 18.408 pada Graphics dan skor CPU dengan angka 21.308.
Pengujian lainnya dengan benchmark Resident Evil 6, menunjukkan bahwa ROG G501JW menghasilkan skor 7214 atau berada dalam peringkat S. Sementara pada benchmark Lost Planet 2, perangkat laptop ini dapat menampilkan 89,1 fps dengan peringkat A.
Kesimpulan
Untuk para gamers hardcore yang menginginkan laptop gaming, ROG G501JW sudah dapat memenuhi hampir segala persyaratan minimal pada requirement game tertentu. Laptop ini memang diciptakan khusus untuk bermain game, terlebih brand ROG yang sudah melekat erat di pasar sebagai laptop gaming.
Meskipun dibekali jeroan yang mumpuni, kualitas suara pada ROG G501JW terdengar biasa saja. Volume suara dapat diatur hingga maksimal, memang terdengar nyaring namun kualitas audio yang dikeluarkan terbilang standar.
ROG G501JW tampil dengan layar 15,6 inci (resolusi 3.840 × 2.160 piksel). Ukuran tersebut dirasa cukup puas tidak hanya dipakai bermain game, tetapi juga untuk menonton film HD. Hanya saja, baterai terasa cepat terkuras apabila perangkat menggenjot performa hardware saat memainkan game 3D yang berat.
Agar durasi permainan lebih lama dan mendapatkan performa laptop yang sedikit meningkat, pengguna bisa menghubungkan perangkat dengan charger laptop.
Asus menanggalkan fitur DVD RW atau optical disk, membuat laptop ini hanya mengandalkan tiga buah port USB 3.0 serta pembaca kartu SD. Dengan absennya fitur optical disk, laptop menjadi terlihat ramping.
Kelebihan
- Performa hardware mumpuni
- Tersedia tiga port USB 3.0
- Backlit keyboard
Kekurangan
- Tidak touchscreen
- Absennya optical disk
- Banderol harga yang tidak murah, namun layak dengan spesifikasi mumpuni

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

Advertisement

xiaomi

 

© 2013 Mas Gaptekz. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top